Cagub Jateng Ahmad Luthfi Kunjungi Pasar Gedhe, Pusat Pengembangan Ekonomi Klaten

Calon Gubernur Jateng di Pilgub Jateng 2024 mengunjungi Pasar Gedhe yang menjadi prioritas dalam pengembangan ekonomi di Klaten

Sep 29, 2024 - 10:19
Sep 29, 2024 - 10:18
 0
Cagub Jateng Ahmad Luthfi Kunjungi Pasar Gedhe, Pusat Pengembangan Ekonomi Klaten
Calon Gubernur Jateng di Pilgub Jateng 2024, Ahmad Luthfi saat di Pasar Gedhe Kabupaten Klaten

galerinews.com - Calon Gubernur Jateng di Pilgub Jateng 2024, Ahmad Luthfi, menyatakan bahwa Pasar Gedhe menjadi prioritas dalam pengembangan ekonomi di Klaten.

Pasar Gedhe Kabupaten Klaten siap menjadi pusat jajanan khas dan oleh-oleh di Jawa Tengah, menarik perhatian wisatawan dari Yogyakarta dan Solo.

Dengan letak geografis yang strategis, pasar ini menawarkan beragam makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga mencerminkan budaya lokal.

"Pasar Gedhe ini prospeknya sangat baik, bahkan bisa menjadi pusat makanan khas dan berpotensi untuk ekspor," ungkap Ahmad Luthfi saat mengunjungi pasar pada Sabtu 28 September 2024.

Dengan anggaran sekitar Rp93 miliar, pembangunan Pasar Gedhe berlangsung dari 2021 hingga 2023, mencakup luas bangunan 16.247 meter persegi di pusat kota Klaten, tepatnya di Jalan HOS Cokroaminoto.

Kehadiran pasar ini diharapkan tidak hanya meningkatkan pendapatan pedagang, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Klaten secara keseluruhan.

Ahmad Luthfi menekankan pentingnya penguatan UMKM melalui peningkatan produksi, inovasi, dan pemasaran.

Pemerintah berencana mendukung promosi dengan menghubungkan pasar dengan pelaku pariwisata di sekitar, agar wisatawan tertarik berkunjung dan berbelanja oleh-oleh di Pasar Gedhe.

"Pasar Gedhe harus menjadi destinasi oleh-oleh produk Klaten yang diisi oleh UMKM lokal," tambahnya.

Cara yang mesti ditempuh melalui penguatan UMKM, mulai dari peningkatan kemampuan produksi, inovasi, hingga packaging. Selanjutnya pemerintah mendukung promosi dengan cara menghubungkan dengan pelaku pariwisata di wilayah sekitar seperti Yogyakarta dan Solo.

Sehingga wisatawan bisa diajak membeli jajanan oleh-oleh ke Pasar Gedhe. Termasuk meningkatkan kompetensi pedagang mempromosikan melalui media sosial, instagram, TikTok maupun YouTube.

Calon Gubernur nomor urut 2 itu menginginkan Pasar Gedhe Klaten jadi pusat destinasi oleh-oleh khas yang diisi UMKM lokal.

"Jadi destinasi oleh-oleh produk klaten dengan potensi wisata yang dimiliki. Ini menarik sekali," lanjutnya.

Salah satu pedagang jenang lot, jadah dan krasikan di Pasar Gedhe Klaten, Mbah Marto mengaku sudah 50 tahun mengeluti usahanya. Semua dagangan merupakan produksi rumah tangga.

Jajanan oleh-oleh buatanya terbilang selaku laku, meski jumlahnya tidak pasti. Namun ia bersyukur tetap bisa berjualan setiap harinya.

"Alhamdulillah, dagangan kami laku, dan tadi jenang saya juga dibeli Pak Luthfi," katanya, menunjukkan semangat dan harapan untuk masa depan.

Dengan komitmen Ahmad Luthfi untuk menjadikan Pasar Gedhe sebagai prioritas, diharapkan pasar ini tidak hanya menjadi tempat berbelanja, tetapi juga menjadi destinasi wisata yang menarik di Klaten.*