Tingkatkan Perekonomian, Pj Gubernur Luncurkan Gernas BBI dan BBWI pada Pesta Rakyat

SALATIGA - Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), dicanangkan dalam ajang peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Tengah. Dengan gerakan itu

SALATIGA – Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), dicanangkan dalam ajang peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Tengah. Dengan gerakan itu, diharapkan mampu mendongkrak perekonomian warga, lewat berbagai event dan ajang turisme olahraga atau sport tourism. 

Pencanangan gerakan itu, dilakukan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dan unsur Forkopimda Pemprov Jateng, Minggu (18/8/2024). Hadir pula, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo RM Manuhutu, dan Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan, untuk mendukung Gernas BBI BBWI pihaknya telah menyelenggarakan ajang Specta atau Jateng Sport Tourism Event. Kegiatan tersebut, menggabungkan olahraga dengan turisme.

“Kegiatan olahraga itu digabungkan dengan olahraga yang memasyarakat digabung dengan tempat wisata yang ada di Jawa Tengah,” tuturnya, di lapangan Kampus 3 UIN Salatiga.

Hal itu dibenarkan Kepala Disporapar Jateng Agung Hariyadi. Menurutnya, untuk mendukung Gernas BBI dan BBWI pihaknya rutin menggelar berbagai ajang sport tourism.

Pada tahun ini, rencananya ada 14 event Specta yang digelar hingga akhir tahun. Dengan ajang tersebut, diharapkan konsumsi dan penggunaan produk lokal meningkat.

“Gernas BBI BBWI itu bagaimana kita menumbuhkan kebanggaan, memanfaatkan, dan mengonsumsj produk dalam negeri. Nah, di Jateng dirangsang dengan kegiatan kepariwisataan. Pemerintah banyak melakukan sport tourism, MICE, dan eksebisi, untuk merangsang pergerakan masyarakat,” terangnya.

 

 

Dukungan Pemerintah Pusat

 

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary mengatakan, mereka telah melakukan sejumlah langkah untuk Gernas BBI dan BBWI.

“Kami dari Kominfo ditunjuk sebagai co campaign manager, kita mengolaborasikan bersama masing-masing provinsi untuk menyuarakan, bahwa produk Indonesia itu bagus dan bisa mendapatkan kesempatan ekspor,” jelasnya.

Septriana mengatakan, sejumlah langkah telah ditempuh. Di antaranya dengan melakukan pelatihan dan fasilitasi pengurusan izin bagi UMKM, pengurusan sertifikasi halal, dan mengurasi produk agar bisa masuk dalam ajang champion yang diselenggarakan Kemenkomarinvest.

Di Jateng hingga Agustus 2024 telah ada lebih dari 1.000 UMKM yang difasilitasi.

“Kalau hari ini sudah ada 180 UMKM yang digandeng. Kalau seluruh Jawa Tengah sudah ada sekitar 1.000 (UMKM) lebih,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Nana Sudjana juga menyerahkan penghargaan bagi UMKM Champions Harvesting Gernas BBI BBWI. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Accessibility Tools

Increase Text
  • Decrease TextDecrease Text
  • GrayscaleGrayscale
  • High ContrastHigh Contrast
  • Negative ContrastNegative Contrast
  • Light BackgroundLight Background
  • Links UnderlineLinks Underline
  • Readable FontReadable Font
  • Reset Reset
  • Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

    Jl. Pahlawan No.9, Mugassari, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50249

    Telp:024-8415548, 8453676

    Fax:024-8311266

    Email:ppid@jatengprov.go.id

    https://jatengprov.go.id/publik/tingkatkan-perekonomian-pj-gubernur-luncurkan-gernas-bbi-dan-bbwi-pada-pesta-rakyat/