TMMD Banyukuning Percepat Transportasi Hasil Pertanian

KABUPATEN SEMARANG - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III 2024 Kodim 0714 berhasil menyelesaikan betonisasi jalan penghubung antarkecamatan di Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan

KABUPATEN SEMARANG – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III 2024 Kodim 0714 berhasil menyelesaikan betonisasi jalan penghubung antarkecamatan di Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan.

Kepala Desa Banyukuning Setyo Utomo menjelaskan, betonisasi jalan setapak itu mempermudah mobilitas warga Kecamatan Bandungan – Sumowono dan Jambu. Bahkan jalan penghubung Desa Lanjan (Sumowono) – Genting (Jambu) dengan Banyukuning itu mampu memangkas waktu tempuh hingga 1,5 jam perjalanan.

“Sebelumnya, warga harus memutar lewat jalan lain untuk mengangkut hasil panen berupa kopi, durian, dan tanaman keras lainnya,” terangnya. di sela-sela acara penutupan TMMD, di Lapangan Wisata Banyukuning, Kamis (22/8/2024).

Setyo menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan TNI, serta Polri yang telah membantu betonisasi jalan itu. Ditambah swadaya masyarakat yang merelakan sebagian tanahnya untuk memperlebar jalan, sehingga menjadi jalan tembus yang memadai.

Penutupan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III ditandai dengan penyerahan alat kerja dan pemukulan kentongan oleh Perwira Penghubung Kodim 0714, Mayor CTP Suhirzam mewakili Dandim.

Perwira Penghubung Kodim 0714, Mayor CTP Suhirzam mengimbau, warga dapat memelihara hasil kegiatan TMMD dengan baik.

“Sehingga, manfaatnya dapat dinikmati warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang,” katanya.

Sementara itu, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0714 Kapten Cke M Rozani menjelaskan, betonisasi jalan di Banyukuning sepanjang 557 meter, lebar tiga meter. Disampaikan, TMMD juga menyelesaikan perbaikan menara pengeras suara musala, serta beberapa penyuluhan dan pelayanan umum.

“Unsur pelaksana dari Kodim, Polsek Bandungan, Denkesyah Salatiga, Pemkab Semarang dan masyarakat,” pungkasnya.

Di Kabupaten Jepara, kegiatan fisik pada TMMD Sengkuyung Tahap III 2024, di antaranya pembangunan rabat beton di Desa Suwawal Timur, Kecamatan Pakis Aji sepanjang 243 meter, dengan lebar 3 meter, dan tebal 0,12 meter yang bersumber dari APBD Kabupaten Jepara. Sementara dari APBD Provinsi Jawa Tengah, panjang pembangunan jalan 350 meter, lebar 3 meter, dan tebal 0,12 meter. Selain itu, juga pembangunan tiga unit rumah tidak layak huni (RTLH).

Sedangkan pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap III 2024 di Kabupaten Demak, berhasil menyelesaikan betonisasi jalan beton bertulang di Desa Ngaluran, Kecamatan Karanganyar sepanjang 371,5 meter, dengan lebar 4 meter dan tinggi 0,15 meter.

Sedangkan sasaran nonfisik, meliputi berbagai kegiatan penyuluhan, seperti wawasan kebangsaan, bela negara, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), deradikalisasi terorisme, pencegahan stunting, serta program keluarga berencana (KB) kesehatan.*